1. Industri kereta api di Indonesia akan terus berkembang. Empat negara dikabarkan menjadi investor pembangunan jaringan kereta api di kalteng, masing-masing Jepang, China, Inggris, Perancis. Saat ini memang jaringan kereta api hanya beroperasi di Jawa dan Sumatera. Mengingat struktur tanahnya yg gambut, apakah bisa bangunan rel kereta api dibuat sana. Tetapi melihat kontur tanahnya yang secara umum datar maka akan lebih mudah dibangun, jika dibandingkan jika kontur tanahnya bergunung-gunung.
2. Kereta api memang masih jadi andalan untuk rute-rute pendek yang dapat ditempuh beberapa jam saja jika menggunakan transportasi darat. Jika Kalimantan segera terwujud rel kereta api, bagaimana dengan ibukota Jakarta yang pembangunan monorailnya sepanjang jalan rasuna said terbengkelai sekian tahun, yang ada hanya tiang-tiang cor yang makin lama besinya semakin berkarat saja. Sungguh paradoks sebuah ibukota negara membangun monorail saja terbengkelai sampai sekarang.