Cloud Hosting Indonesia

Jumat, 15 April 2022

PENTINGNYA DATABASE PELANGGAN BAGI PARA PENGUSAHA

    Pelanggan merupakan elemen penting dalam menjalankan suatu usaha, sehingga harus selalu dijaga kepuasannya dalam pelayanan. Namun ternyata tidak semua pengusaha menyadari pentingnya database pelanggan untuk ditingkatkan baik secara kuantitas dan kualitasnya. Database pelanggan biasanya terdiri dari nama dan sarana penghubung yang bisa menjadi koneksi, seperti nomor telepon, alamat email. Database pelanggan merupakan aset paling berharga bagi para pengusaha, tanpa pelanggan yang loyal suatu bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Meskipun tanpa database pelanggan pun kadang suatu bisnis dapat berjalan dengan baik, namun untuk bisnis jangka penjang database pelanggan tetap diperlukan khususnya ketika terjadi trend perkembangan bisnis sedang turun.


   Biasanya pelanggan yang loyal dan merasa puas akan datang kembali untuk membeli produk barang dan jasa yang pernah dibeli sebelumnya. Melalui database pelanggan dapat dilakukan follow up untuk menjaga dan mengingatkan kembali produk barang dan jasa yang pengusaha tawarkan. Melalui database pelanggan yang dikelola dengan baik maka tingkat omset akan dapat dipertahankan dengan baik, paling tidak dijaga untuk tidak turun. Cara yang umum dilakukan terhadap database pelanggan adalah dengan mengirim brosur, tawaran diskon, produk terbaru, dengan cara  melalui telepon, email, whatsup, sehingga pelanggan lama tergugah kembali untuk membeli produk yang ditawarkan. Meskipun cara ini tidak pasti 100% berhasil namun paling tidak brand akan terus diingat oleh konsumen, sebagian dari konsumen akhirnya juga membeli produk yang ditawarkan. YUK BELANJA SHOPEE, WOMEN CLOTHESMAN BAGS, HEALTH