Cloud Hosting Indonesia

Rabu, 04 Desember 2019

MENJADI DOSEN YANG MENGHIBUR DAN MENGINSPIRASI


  Sesuai dengan perkembangan jaman maka dunia mengajar bagi dosen tidak sekedar menyampaikan materi kuliah yang bersumber dari literatur, pengetahuan, pengalaman. Mahasiswa jaman dulu mungkin berbeda dengan kondisi mahasiswa jaman now, ada perbedaan selera dan perilaku sehingga dosen jaman sekarang harus menyesuaikan. Perlu seni dan metode penyampaian materi kuliah kepada mahasiswa yang lebih menghibur dan menginspirasi.
  Bukan hanya di bidang produk dan jasa saja yang perlu inovasi, namun cara mengajar dosen saat ini perlu ada perubahan yang memberikan impact bagi mahasiswa. Jadi mahasiswa datang ke kampus tidak hanya menerima materi kuliah namun perlu ada pembelajaran yang sifatnya memberikan penghiburan, inspirasi, perubahan karakter yang lebih positif. Boleh dikatakan edutainment harus dapat dimainkan oleh setiap dosen jaman now.
  Setiap mahasiswa wajib diajak untuk berfikir secara kritis, mengemukakan pendapat, terhibur, terinspirasi dengan apa yang disampaikan oleh dosen. Untuk caranya diserahkan kepada setiap dosen, di sinilah seni mengajar bermain. Untuk setiap materi mata kuliah kurang lebih sama, namun cara menyampaikan kepada mahasiswa inilah yang membedakan satu dosen dengan dosen yang lain.
  Untuk teknik mengajar pada dasarnya juga sama dan setiap dosen mengetahui akan hal itu, namun untuk bisa memainkan peran di dalam kelas yang menghibur dan menginspirasi bagi setiap dosen akan berbeda satu sama lain. Seperti setiap pelawak srimulat yang memiliki skill masing-masing, maka ketika di panggung lawakan yang disajikan juga berbeda-beda meskipun secara teknis sama.
  Demikian juga dosen akan menyajikan seni mengajar yang berbeda-beda ketika mengajar di kelas. Bagaimana menarik perhatian dan melibatkan sepenuhnya  mahasiswa dalam perkuliahan merupakan skill dan seni yang berbeda-beda bagi setiap dosen. Melalui diskusi, hiburan, motivasi, kisah inspiratif, dapat menyajikan perkuliahan yang lebih menarik dan berkesan bagi mahasiswa.