Jumat, 02 Maret 2012

NASIB MOBIL NASIONAL

1. Nasib mobil nasional belum jelas sampai dengan saat ini. Mobil "Esemka" yang dielu-elukan masyarakat menjadi mobil kebanggaan nasional ternyata tidak lulus uji emisi. Sebagai rakyat dan bangsa Indonesia tentunya sangat berharap sedikit demi sedikit kita menjadi bangsa yang mandiri tidak terus bergantung pada negara produsen dalam hal kebutuhan kendaraan bermotor. Indonesia harus terus bangkit menjadi bangsa yang tidak sekedar negara konsumen saja tetapi bisa membuat, salah satunya adalah memproduksi mobil nasional.
2. Sebagai negara yang punya potensi sumber daya manusia dengan jumlah sangat banyak seperti India, tentunya Indonesia harus bisa memberdayakan industri dalam negeri salah satunya adalah industri mobil nasional dengan ongkos tenaga kerja yang murah. Hendaknya pemerintah mendukung karya siswa-siswa SMK, mereka telah menunjukan bahwa kita mulai bisa menjadi negara yang bisa memproduksi mobil nasional  meskipun dimulai dari merakit.
3. Pengalaman masa lalu tahun 1996-1998 kita pernah memiliki mobil nasional dengan merk Timor. Namun proyek itu tidak berlangsung lama karena digugat oleh produsen mobil Jepang karena melanggar ketentuan WTO. Akhirnya nasib mobil nasional Timor hanya tinggal kenangan saja. Kita hendaknya mencontoh negara tetangga Malaysia yang sudah memiliki mobil nasional dengan merk Proton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar