Cloud Hosting Indonesia

Kamis, 11 Januari 2018

MENGELOLA KEKAYAAN LAUT KITA


     Secara jumlah luasan, maka laut kita jauh lebih luas dibandingkan dengan daratan sehingga harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Tidak semua negara memiliki wilayah lautan, apalagi yang cukup luas seperti negara kita. Jika dikelola dengan baik maka dari kekayaan laut masyarakat Indonesia sudah sangat sejahtera. Mulai dari hasil ikan, kerang, mutiara, wisata laut, rumput laut, garam, maka bisa memberikan kesejahteraan yang cukup baik. Dengan prinsip pengelolaan yang baik maka bisa memberikan devisa, sekaligus menggeliatkan perekonomian dalam negeri.
     Maraknya pencurian ikan oleh kapal asing harus menjadi perhatian bagi pemerintah, dengan masih adanya kapal asing yang tertangkap maka merupakan bukti bahwa pencurian ikan masih marak. Mengawasi laut yang sangat luas memang tidak mudah, karena teknologi dan sarana pengawasan yang terbatas, juga SDM pengawasan yang jumlahnya sangat terbatas. Kebanyakan kapal asing yang tertangkap mencuri ikan ditenggelamkan oleh pemerintah.
      Namun upaya pemerintah untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan ini, masih belum memberi efek jera, terbukti dengan masih adanya kapal asing yang tertangkap. Sehingga harus diciptakan sistem pengawasan yang lebih baik lagi, agar laut kita aman dari para penjarah ikan. Nilai kerugian akibat pencurian ikan ini jika dikalkulasi jumlahnya cukup besar, sehingga harus menjadi perhatian pemerintah dalam mengelola kekayaan laut kita.