Cloud Hosting Indonesia

Kamis, 08 Februari 2018

MEMBANGUN KESADARAN MEMBANGUN SAMPAH


     Budaya bersih dan bebas sampah masih agak sulit dilakukan oleh sebagian masyarakat kita namun memang harus dimulai dari sekarang. Dengan melatih dan membiasakan sejak dini generasi penerus dan masyarakat sekitarnya maka lama kelamaan kebiasaan tersebut akan terbentuk pelan-pelan. Namun butuh kesadaran yang dimulai dari diri sendiri sehingga hal tersebut merupakan suatu hal yang sadar dilakukan tanpa paksaan. Jika tidak dibiasakan dan dipaksakan maka hal tersebut sulit diwujudkan.
     Dimulai dari membuang sampah pada tempatnya, merupakan upaya pembiasaan yang bisa dilakukan sejak dini. Meskipun ini hal yang sepele namun merupakan kesadaran yang paling mendasar bagi setiap individu. Sungai yang kotor dan banyak sampah merupakan salah satu bukti bahwa kesadaran masyarakat masih rendah. Terkadang secara sembarangan masyarakat membuang sampah pada lahan yang kosong yang sebenarnya juga kurang tempat.
     Namun dengan jumlah sampah yang terus bertambah setiap hari, sudah selayaknya ada "manajemen pengelolaan sampah yang handal" sehingga dapat mengatasi segala persoalan terkait sampah. Pengelolaan sampah yang baik akan meminimalkan dampak buruk dari sampah, antara lain banjir, sungai yang kotor, bau tak sedap, penyebaran penyakit seperti diare.