Cloud Hosting Indonesia

Senin, 11 Desember 2017

DAMPAK EKONOMI DIGITAL BANYAK USAHA BANGKRUT


    Perubahan di bidang ekonomi digital tak bisa dihindari, akibatnya banyak usaha yang berguguran. Diantara usaha yang sudah tampak mengalami kemunduran antara lain agen tiket konvensional, yang mana saat ini melalui Traveloka orang sudah bisa membeli tiket pesawat, pesan hotel, secara online.  Kemudian usaha toko elektronik yang juga sangat menurun, karena belanja barang elektronik juga bisa dilakukan secara online. Siapapun tidak bisa menolak perubahan itu, namun yang perlu diingat adalah dampak yang ditimbulkan.
    Cukup banyak lapangan pekerjaan yang semakin berkurang akibat otomatisasi dan digitalisasi yang terus berlanjut. Namun bagi masyarakat dan konsumen, akibat digitalisasi ekonomi ini semakin dimudahkan dan dimanjakan. Semua jenis transaksi dapat dilakukan dengan jari pada gadget masing-masing yang pada masa sebelumnya tidak dapat dilakukan. Harus ada upaya nyata dari pemerintah entah bagaimana caranya agar lapangan kerja tetap tersedia bagi masyarakat.
     Beberapa toko buku konvensional bahkan akan tutup, karena dengan ebook saat ini orang sudah lebih praktis dalam membaca buku dan bisa dibawa ke mana-mana. Bahkan koran cetak dan majalah cetak lambat laun juga akan punah karena orang sudah bisa membaca berita melalui media online, yang mana dapat dilakukan secara gratis. Jaman terus bertransformasi, orang saat ini lebih menyukai komunikasi melalui sosial media dibandingkan melalui telpon, yang secara pelan namun pasti juga akan menggulung usaha jasa percakapan telpon.
    Perubahan dan tuntutan jaman memang tidak bisa dihentikan, tinggal bagaimana kita dapat mengelola dan mengantisipasi perubahan. Kita juga tidak bisa menyalahkan perubahan yang terjadi karena merupakan suatu keniscayaan. Siapa yang bisa menyesuaikan dengan perubahan maka akan bisa exist, sebaliknya jika tidak bisa mengikuti perubahan jaman maka akan punah dengan sendirinya.