Cloud Hosting Indonesia

Selasa, 02 Juli 2019

KELEBIHAN KEKURANGAN SEKOLAH SWASTA VS SEKOLAH NEGERI


  Bagi sebagian orangtua, ingin menyekolahkan anaknya di sekolah yang terbaik, namun juga dengan biaya yang terjangkau. Namun antara sekolah berkualitas dan biaya murah tersebut kadang tidak seiring sejalan. Sehingga selalu ada saja kelebihan dan kekurangan dari sekolah swasta maupun sekolah negeri. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangannya :
1. Sekolah swasta biasanya ditunjang dengan fasilitas yang lebih memadai dibandingkan dengan sekolah swasta. Meskipun ada juga sekolah negeri yang fasilitasnya cukup baik, namun secara umum fasilitas pada sekolah swasta masih lebih baik dibandingkan dengan sekolah negeri.
2. Untuk peringkat sekolah biasanya sekolah swasta masih lebih mendominasi dibandingkan dengan sekolah negeri, sebagian sekolah negeri yang bagus kualitasnya dapat mengimbangi banyak sekolah swasta. Namun karena didukung dengan fasilitas dan guru yang secara umum lebih baik, sehingga peringkat sekolah swasta secara umum masih di atas sekolah negeri.
3. Siswa sekolah swasta cenderung eksklusif (homogen), sementara siswa sekolah negeri  cenderung lebih hetergon. Namun sebagian sekolah negeri (favorit), cenderung lebih eksklusif (homogen) terdiri dari anak-anak yang pintar saja, sehingga terkesan lebih kompetitif (bersaing) di antara para siswa;