Cloud Hosting Indonesia

Jumat, 12 Juli 2019

PENYEBAB BANYAK USAHA YANG TUTUP


  Setiap usaha yang tutup tidak melulu merupakan kesalahan pemerintah, banyak faktor yang menyebabkan usaha banyak yang tutup meskipun kebijakan pemerintah juga ikut mempengaruhi. Berikut ini merupakan penyebab mengapa banyak usaha yang tutup di Indonesia.
1. Faktor Persaingan, seperti hukum alam maka akan ada yang mati, tetap bertahan bahkan bisa berkembang. Demikian juga dalam persaingan usaha maka pasti akan ada sebagian usaha yang tutup karena tidak bisa bersaing atau bertahan.Fenomena ini yang paling jelas, sehingga banyak usaha satu persatu bertumbangan.
2. Faktor Internal Manajemen, banyak usaha yang tutup karena tidak bisa mengikuti perubahan dan tuntutan jaman yang terus berubah. Banyak usaha yang tutup karena tidak mampu menghadapi keadaan yang terus berubah, bagi yang bisa menyesuaikan diri maka akan tetap bertahan. Maka sikap strategis internal manajemen sangat menentukan going concern suatu perusahaan.
3. Faktor Permintaan Pasar, kondisi selera dan permintaan pasar juga menjadi penyebab banyak usaha yang tutup. Produk barang/jasa yang sudah tidak diminati oleh pasar maka akan tergerus oleh jaman sehingga inovasi akan terus diperlukan untuk bisa bertahan.Selera pasar sangat menentukan kelanjutan dari suatu usaha, sehingga harus cermat dalam menyikapinya.