Minggu, 24 Agustus 2014

BAGAIMANA CARA MENGASAH KECERDASAN EMOSI

Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengelola segenap emosi yang dimilikinya, sehingga menjadi memberdayakan dirinya. Kemampuan ini juga mencakup memahami apa yang disukai orang lain dan apa yang tidak disukai orang lain, sehingga kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain (tepo seliro).
Pahami emosi positif
Manusia memiliki banyak emosi positif yang terdapat di dalam dirinya antara lain gembira, bangga, cinta, terharu, dan lainnya. Emosi positif ini harus dikelola dengan baik sehingga memberikan timbal balik yang positif bagi seseorang. Semakin seseorang menggunakan emosi positif di dalam dirinya maka hidupnya semakin baik dan menggairahkan.
TIMBERLAND Hydroclimb [TBL.13319JS/02B]
Pahami emosi negatif
Terdapat emosi negatif dalam diri manusia yang bisa merongrong energi positif antara lain marah, khawatir, ragu-ragu, dendam, gelisah, malu, dan takut. Kita harus menghindari emosi negatif ini dalam diri kita supaya tidak membuat hidup kita repot, karena emosi negatif ini sangat menguras energi kita dan bahkan jika berlebihan dapat membuat  kita jatuh sakit. Jadikan emosi negatif menjadi hal yang positif, misal malu untuk korupsi, takut berbuat dosa, dan lainnya.
Pahami emosi orang lain
Memahami emosi orang lain sangat penting sebagai pijakan untuk berbuat dan bertindak. Suatu misal ketika sedang negosiasi dan lawan kita dalam kondisi senang atau gembira inilah saat yang tepat untuk menyampaikan niat atau permintaan kita. Demikian juga ketika menjual produk yang sedang kita jual harus memahami bahwa calon konsumen tertarik, berminat, senang, dengan produk yang sedang kita tawarkan. Inilah sebagian cara mengasah kecerdasan emosi dalam diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar