Rabu, 27 Agustus 2014

CARA MEMBUAT PENAWARAN YANG MENARIK DALAM PENJUALAN

Untuk membuat penawaran yang menarik dalam penjualan memang ada teknik tertentu yang harus dikuasai oleh seorang marketer. Marketing selain sebagai ilmu juga bisa menjadi seni yang dapat dikembangkan, sehingga selalu ada inovasi baru dari jaman ke jaman. Namun tujuannya hanya satu bagaimana penjualan dapat terus dipertahankan jika perlu malah ditingkatkan.
Fokus pada keunggulan
Untuk mendapatkan penjualan yang meningkat harus ada keunggulan yang ditawarkan dari produk anda. Jika produk anda sama saja dengan yang lain maka anda akan sulit untuk mendapatkan penjualan, inilah kuncinya. Suatu misal jika restoran anda menjual ayam bakar mentega, maka keistimewaan apa yang bisa anda tawarkan kepada konsumen sehingga ayam bakar anda lebih unggul atau berbeda dengan yang lain. Anda bisa tawarkan ayam bakar yang mana ayamnya bukan ayam broiler/ayam potong, melainkan ayam kampung dan anda membakarnya dengan diolesi madu.
TOSHIBA TV LED 58 inch [58L9300]
Bangun kepercayaan dengan pelanggan
Untuk menjadikan penawaran anda lebih menarik, anda bisa membangun kepercayaan kepada pelanggan. Suatu misal produk yang anda jual sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, atau sudah mendapatkan uji kualitas dari Balai POM RI. Membangun kepercayaan juga bisa dibuat dengan menawarkan standar pelayanan yang prima untuk produk anda. Misalkan anda sebagai pengusaha restoran, maka harus diyakinkan kepada pelanggan bahwa standar pelayanan untuk menyajikan makanan tidak akan lebih dari sepuluh menit sejak pelanggan duduk.
Berikan hadiah, bonus, diskon
Pelanggan sangat menyukai hadiah atau souvenir, sehingga jika anda berikan kepada mereka akan dapat meningkatkan penjualan. Hanya saja penawaran ini sifatnya terbatas, suatu misal dengan belanja minimal Rp 500 ribu akan mendapatkan satu kilo gula gratis atau souvenir payung. Tentu ini sangat menarik bagi pelanggan dan bisa meningkatkan penjualan produk yang anda jual. Cara penawaran ini bisa anda kombinasikan dengan diskon, misalnya jika belanja hari sampai jam 12 siang akan mendapatkan diskon sebesar 50% dari harga dan hanya berlaku hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar