Cloud Hosting Indonesia

Kamis, 05 Maret 2020

PILIH MANA MEMBELI MOBIL BARU ATAU MOBIL BEKAS

  Kendaraan mobil kadang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan keluarga, untuk pergi piknik secara bersama misalnya maka kebutuhan membeli mobil tak bisa dihindari. Namun yang kadang membingungkan pilihannya apakah membeli mobil baru atau mobil bekas. Tentu ada pertimbangan atau hitung-hitungan antara membeli mobil baru atau mobil bekas, sehingga tidak asal mengambil keputusan. Berikut ini merupakan untung rugi jika anda membeli mobil baru atau mobil bekas, mana yang paling tepat untuk anda.

  Jika anda membeli mobil baru, maka anda sangat mengetahui kondisi mobil anda sejak awal karena memakai dari baru. Mobil baru ada garansi mesin sampai dengan 100.000 km atau kurang lebih lima tahun, sehingga jaminan bagi anda untuk tidak membeli sparepart mobil selama masa lima tahun tersebut. Mobil baru juga dirasakan lebih nyaman, karena seluruh sistem yang ada hingga kaki-kaki masih baru sehingga terasa puas memakainya. Namun mobil baru ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas, sebagai gambaran mobil yang sudah terpakai lebih dari lima tahun maka harga nya sekitar 60% - 70% dari harga barunya.Sehingga selisih harganya cukup jauh antara harga mobil baru dengan harga mobil bekas.
  Berbeda dengan mobil baru yang mahal, maka harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil  baru. Namun kita tidak dapat mengetahui secara persis bagaimana kondisi sejak awal mobil yang kita beli. Membeli mobil bekas juga membutuhkan alokasi biaya untuk perawatan dan perbaikan pasca pembelian, karena mungkin ada kerusakan-kerusakan. Namun untuk mobil bekas dengan umur lebih dari lima tahun, penyusutannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan penyusutan mobil baru. Mungkin ini salah satu keuntungan jika membeli mobil bekas, nilainya tergerus tidak terlalu banyak dibandingkan dengan mobil baru jika dijual lagi.