Rabu, 20 November 2013

TIPS BAGAIMANA CARA MELAKUKAN RISET PASAR DALAM BISNIS ONLINE

Berikut ini seputar tips bagaimana cara melakukan riset pasar dalam bisnis online :
1. Untuk melakukan riset pasar dalam bisnis online dengan bisnis konvensional memang agak berbeda, namun prinsipnya tetap sama yaitu bagaimana mengetahui permintaan pasar. Perbedaannya jika pada bisnis konvensional risetnya meliputi scope wilayah tertentu, namun riset pasar pada bisnis online sangat mengandalkan pada bagaimana permintaan calon konsumen melalui search engine namun dengan pangsa pasar yang lebih global. Jika bisnis konvensional adalah bagaimana menciptakan produk kemudian membuat pasarnya namun untuk bisnis online adalah bagaimana mengetahui permintaan pasar online kemudian menciptakan produknya.
2. Cara melakukan riset pasar yang praktis dalam bisnis online adalah dengan mencoba membayangkan apa yang akan kita ketik di search engine ketika akan mencari produk barang dan jasa. Jadi seolah-olah anda sebagai pembeli yang memang sangat membutuhkan barang yang kita inginkan. Cara ini sangat sederhana namun cukup rasional meskipun kadang kita mengabaikan bagaimana tingkat persaigannya. Kekurangan lain kadang luput dari kuat lemahnya website kompetitor yang bergentayangan di search engine padahal itu penting untuk proses kerja anda.
3. Cara yang canggih untuk melakukan riset pasar dalam bisnis online adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia dan bisa dimanfaatkan baik itu yang gratisan maupun yang berbayar. Anda dapat menggunakan google adword planner, market samurai, untuk melakukan riset pasar baik itu untuk riset kata kunci maupun riset kompetisi. Gunanya riset pasar dalam bisnis online adalah supaya anda lebih mudah untuk sukses dalam menjalankan bisnis online karena akan mengurangi kerja keras dan kerja sia-sia, Demikian seputar tips bagaimana cara melakukan riset pasar dalam bisnis online, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar