Kamis, 05 Desember 2013

BAGAIMANA CARA MENGATUR KEUANGAN KELUARGA DENGAN TEPAT

Berikut ini seputar tips bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan tepat :
1. Untuk mengatur keuangan keluarga memang gampang-gampang susah, namun yang patut diwaspadai jangan sampai besar pasak daripada tiang. Pengeluaran yang melebihi pendapatan merupakan pangkal dari semua persoalan keuangan keluarga, jika tidak teratasi secara dini bisa menimbulkan bencana keuangan bagi keluarga. Hutang yang semakin banyak dan tidak bisa cepat teratasi, hidup dalam lilitan hutang sangat tidak nyaman dan menyiksa karena merasa dikejar-kejar orang lain. Jadi cara mengatur keuangan keluarga yang tepat, hindari besar pasak daripada tiang.
2. Mulai lah mencari sumber pendapatan lain diluar pekerjaan utama, lebih baik jika ternyata sumber pendapatan lain tersebut menjadi sumber pendapatan utama karena hasilnya ternyata lebih besar. Side job atau side income sah-sah saja sepanjang tidak mengganggu atau tidak terjadi konflik kepentingan dengan pekerjaan utama anda. Jadi salah satu cara mengatur keuangan keluarga dengan tepat, sebaiknya anda memiliki sumber pendapatan lain di luar pekerjaan utama anda untuk memback up kebutuhan tak terduga seperti untuk biaya sekolah atau biaya berobat.
3. Cara mengatur keuangan keluarga dengan tepat salah satunya dengan fokus pada kebutuhan bukan pada keinginan. Banyak yang merasa tidak cukup penghasilannya, namun ternyata lebih banyak uangnya yang terpakai untuk membeli barang diluar kebutuhan semestinya. Ketika pendapatan bulanan ternyata tidak cukup dianggap bahwa penghasilannya yang terlalu kecil padahal ternyata keinginannya lebih besar dari kebutuhan. Jadi untuk mengatur keuangan keluarga dengan tepat, sebaiknya mengutamakan belanja kebutuhan dibandingkan dengan menurutkan keinginan.
4. Jika berbicara tentang sumber pendapatan lain maka bisnis online termasuk peluang bisnis yang bisa dipertimbangkan. Karakteristik bisnis online yang fleksibel sangat tepat untuk dijadikan alternatif side job dan side income. Tapi yang paling utama bisnis online tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda karena bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja sepanjang ada koneksi internet. Demikian pembahasan seputar bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan tepat, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar