Senin, 09 Desember 2013

TIPS BAGAIMANA CARA MELAKUKAN RISET BISNIS

Berikut ini pembahasan seputar bagaimana cara melakukan riset bisnis yang tepat :
1. Untuk melakukan riset bisnis yang tepat maka cara yang paling praktis adalah melakukan pengamatan. Riset bisnis kadang sangat ditentukan oleh lingkungan dan perilaku konsumen, suatu misal di suatu daerah permintaan terhadap produk tertentu sangat tinggi namun di tempat lain justru permintaannya tidak ada sama sekali untuk produk yang sama. Jadi cara melakukan riset bisnis yang praktis dan akurat adalah dengan melakukan pengamatan lingkungan dan perilaku calon konsumen.
2. Selanjutnya cara melakukan riset bisnis anda bisa melakukan test produk, tujuannya untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar terhadap produk yang kita tawarkan. Kadang produk yang kita tawarkan memiliki permintaan yang tinggi namun calon konsumen ternyata menuntut hal yang lebih dari produk yang kita tawarkan. Jadi disini anda perlu cermat mengenai harapan konsumen. Kadang mereka menuntut kualitas yang lebih dari yang mereka harapkan. Untuk produk yang sejenis konsumen kadang menuntut kualitas, variasi, model, yang lebih baik sehingga mereka merasa puas.
3. Coba lakukan potensi pasar, ini merupakan cara melakukan riset bisnis yang paling briliant. Suatu misal anda mau menjual pakaian bayi, anda bisa melakukan riset bisnis dengan mengambil data kelahiran bayi di suatu wilayah. Dari data tersebut anda bisa memperkirakan jumlah pakaian bayi yang diperlukan dan berapa potensi pasarnya. Jadi anda perlu cermat dalam menangkap peluang potensi pasar, anda harus lebih percaya dengan fakta potensi bisnis yang ada. Demikian pembahasan seputar tips bagaimana cara melakukan riset bisnis semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar