Jumat, 06 Desember 2013

TIPS BAGAIMANA CARA MEMPERSIAPKAN MASA PENSIUN

Berikut ini pembahasan seputar tips bagaimana cara mempersiapkan masa pensiun :
1. Bagi mereka yang memasuki usia pensiun memang dirasakan berbeda dibandingkan ketika masih aktif bekerja. Penghasilan yang lebih kecil dan perasaan post power syndrome hampir melanda pegawai yang memasuki masa pensiun. Bagaimana cara mempersiapkan masa pensiun merupakan topik yang sangat menarik untuk disimak oleh pegawai yang masih aktif. Mempersiapkan masa pensiun tidak hanya pada kesiapan mental saja namun juga bagaimana mempersiapkan keuangan kita.
2. Hal pertama yang perlu direncanakan ketika akan mempersiapkan masa pensiun adalah pada usia berapa kita berencana akan pensiun. Jika usia masa pensiun adalah 56 tahun, apakah pada usia tersebut kita berencana untuk pensiun. Semakin dini kita berencana untuk pensiun maka persiapan kita akan semakin baik. Jadi cara mempersiapkan masa pensiun yang utama adalah pada usia berapa kita berencana akan pensiun.
3. Ketika memasuki usia pensiun kita dihadapkan pada penghasilan yang semakin menurun. Jika tidak kita cermati maka penghasilan kita tidak bisa menutup biaya bulanan yang rutin kita keluarkan. Jadi cara mempersiapkan masa pensiun yang cerdas, sudah adakah penghasilan lain yang bisa menutup kebutuhan bulanan kita yang selama ini tertutup oleh gaji. Untuk lebih tepatnya adalah sudah adakah pasif income yang akan memback up pengeluaran rutin bulanan kita.
4. Untuk mendapatkan pasif income ada banyak cara baik itu melalui uang sewa rumah, kost-kostan. Salah satu sumber pasif income yang bisa diandalkan adalah bisnis online, mengapa harus bisnis online ? Sudah terbukti bahwa bisnis online bisa menghasilkan pasif income kepada kita. Jika kita dapat mencermati peluang ini maka dapat dijadikan alternatif mempersiapkan masa pensiun secara cerdas. Demikian pembahasan seputar bagaimana cara mempersiapkan masa pensiun semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar