Kamis, 11 April 2013

PENTINGNYA JASA APPRAISAL KETIKA BELI RUMAH

Berikut ini  yang dilakukan oleh jasa appraisal ketika melakukan appraisal harga rumah  :
1. Langkah pertama jasa appraisal , yaitu akan mencari rumah pembanding di lokasi yang terdekat  paling jauh radius 500 meter dari rumah yang appraiser akan  lakukan appraisal untuk menentukan harga rumah. Jasa appraisal merupakan jasa taksiran atau penilaian terhadap harga suatu property dan aset lainnya.
2. Langkah berikutnya untuk appraisal harga rumah, jasa appraisal biasanya mencari  pembanding rumah yang memiliki type yang hampir sama dengan rumah yang jasa appraisal akan  lakukan appraisal, misalnya sama-2 type 36/120. Perbandinga rumahnya harus apple to apple yaitu rumah lain yang sebanding dan sejenis dengan rumah yang jasa appraisal akan  lakukan appraisal. 
3. Kualitas bangunan rumah pembanding harus sama kualitasnya dengan rumah yang jasa appraisal sedang lakukan  appraisal. Jika terjadi perbedaan kualitas maka jasa appraisal dapat  lakukan penyesuaian (adjusment) misal jika rumah yang jasa appraisal lakukan appraisal lebih jelek kaulitasnya maka dapat kita kurangi harganya.
4. Lokasi rumah pembanding harus posisi yg hampir sama dengan rumah yang jasa appraisal sedang  lakukan appraisal , misal : sama-2 tepi jalan. Jika terjadi perbedaan maka dapat kita lakukan penyesuaian (adjusment) misal tanah yang jasa appraisal lakukan  appraisal lokasinya lebih jelek maka dapat di kurangi harganya.
3. Jasa appraisal akan dapatkan minimal 3 rumah pembanding yang sejenis, harga rumah yang di appraisal  adalah harga rata-ratanya. Semakin banyak pembanding maka hasil appraisal  semakin akurat.
Demikian semoga bermanfaat bagimana jasa appraisal melakukan appraisal harga rumah secara tepat. Jasa appraisal semakin diperlukan      KLIK SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar