Jumat, 19 April 2013

PELUANG JASA APPRAISAL DI INDONESIA

 
   Jasa appraisal  merupakan jasa yang diberikan oleh orang yang ahli di bidang appraisal untuk menentukan harga atau nilai suatu property atau asset lainnya. Orang yang ahli di bidang appraisal disebut appraiser. Di Indonesia appraiser dikenal sebagai seorang penilai. Jasa yang diberikan oleh penilai tersebut dinamakan  jasa penilai publik atau jasa appraisal. Profesi jasa appraisal hampir sepadan dengan profesi mapan lainnya di Indonesia seperti dokter, akuntan, pengacara. Saat ini orang Indonesia yang menjalani profesi jasa appraisal juga belum terlalu banyak tidak seperti negara lain seperti Australia dan Amerika serikat.
  Jasa appraisal terdiri dari antara lain jasa appraisal penilaian perusahaan, appraisal penilaian surat berharga, appraisal penilaian asset real property seperti tanah dan bangunan. Jasa appraisal juga diberikan oleh appraiser ketika proses permohonan kredit rumah diajukan pada bank. Ketika proses permohonan kredit pemilikan rumah (KPR) berlangsung maka bank akan menurunkan appraiser untuk menilai rumah yang akan dijadikan jaminan kredit. Biasanya bank akan mengucurkan kredit sebesar 80% dari nilai appraisal. Jasa appraisal juga diberikan kepada perusahaan yang akan go publik untuk menentukan kekayaan bersih perusahaan, atau dalam rangka penjaminan hutang seperti penerbitan obligasi.
  Ada 2 metode yang digunakan oleh jasa appraisal dalam menilai suatu property yaitu dengan pendekatan nilai pasar (market value approach) dan pendekatan biaya (cost approach). Untuk bangunan biasanya digunakan cost approach, sementara untuk nilai tanah digunakan market value approach. Kombinasi dari keduanya diperoleh hasil nilai suatu property atau nilai appraisal. Sementara untuk penilaian suatu usaha yang sedang berjalan atau aset yang  menghasilkan profit, jasa appraisal dapat menggunakan pendekatan pendapatan (income approach)
  Jasa appraisal di Indonesia masih terbuka lebar, karena jumlah profesi yang terlibat dalam jasa tersebut tergolong masih sedikit. Sementara itu untuk aksi korporat seperti penawaran saham perdana, akusisi perusahaan, merger perusahaan, sangat dibutuhkan jasa appraisal dalam menentukan besarnya aset perusahaan. Dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) biasanya langsung ditunjuk siapa perusahaan jasa appraisal yang akan digunakan, termasuk di dalamnya penunjukan akuntan dan konsultan hukum. 
   Di Indonesia jasa appraisal bernaung di bawah asosiasi penilai yang dikenal dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). Sebagai wadah perkumpulan dan sarana untuk melaksanakan edukasi di bidang jasa appraisal. Di dalam wadah ini profesi jasa appraisal saling berbagi dan menimba ilmu melalui workshop, seminar, kongres. PDAM lancar menentukan nilai rumah     KLIK SINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar