Minggu, 21 April 2013

TIPS PERAWATAN MOBIL TIMOR DOHC INJECTION

Berikut ini merupakan tips perawatan mobil Timor DOHC Injection :
1. Periksa tekanan angin ban tiap satu bulan sekali, untuk ban depan tekanan antara 28  s/d  30 psi, untuk ban belakang tekanan antara 29 s/d 32 psi. Standar pabrik tekanan angin  ban depan dan belakang mobil Timor DOHC Injection adalah 28 psi. Jika tekanan terlalu keras maka suspensi mobil Timor anda terasa keras, namun jika tekanan kurang maka akan terasa berat ketika berjalan dan agak limbung. Memeriksa tekanan angin pada ban merupakan salah satu perawatan mobil yang paling mendasar dan sangat vital bagi keselamatan dan kenyamanan pengendara.
2. Periksa ketinggian oli mesin tiap bulan atau ketika mau perjalanan jauh dengan cara memeriksa stick oli, ketinggian harus di antara minimum dan maksimum. Jika volume oli dibawah minimum akibatnya sangat fatal bagi mobil Timor anda apalagi untuk perjalanan jauh karena akan memperkuat gesekan untuk komponen mobil Timor anda sehingga komponen mesin bisa cepat rusak. Kadang orang menyepelekan perawatan mobil paling mendasar ini padahal jika diabaikan akibatnya sangat fatal.
3. Periksa ketinggian air radiator tiap bulan sekali atau jika ingin perjalanan jauh, air radiator dalam kondisi penuh. Jika air radiator kosong dan terjadi overheat akibatnya sangat fatal bagi mesin mobil Timor anda, karena harus overhaul dan turun mesin. Perawatan mobil pada radiator ini sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil Timor anda.
4. Periksa minyak rem dan minyak power steering dalam kondisi cukup (tidak habis). Jangan sepelekan perawatan rem karena sangat vital, banyak kecelakaan terjadi karena rem blong. Minyak power steering yang cukup akan memperpanjang usia pemakaian power steering. Perawatan mobil pada rem ini sebaiknya dilakukan setiap tahun untuk menghindari rem blong atau rem macet yang sangat membahayakan pengendara dan orang lain.
5. Lakukan tune up mesin dan ganti oli tiap 15.000 km atau tiap empat bulan sekali, sesuaikan dengan pemakaian mobil Timor anda. Perawatan tune up dan ganti oli secara berkala memperkecil kemungkinan gangguan dan meningkatkan kenyamanan berkendara.
6. Perawatan mobil selanjutnya bersihkan atau lap karet-karet kaca, wifer, dengan cairan silikon supaya tidak mudah keras dan mati.. Karet yang mati pada wifer dapat menggores kaca, sementara karet mati pada pintu mobil Timor   anda membuat kaca power window sulit untuk naik dan turun.
7. Parkir kendaraan di tempat yang teduh tidak kena sinar matahari langsung, supaya cat dan karet-karet menjadi awet. Parkir di tempat yang teduh juga mencegah ac mobil bekerja extra pada saat dihidupkan. Ini merupakan perawatan mobil yang paling mudah, anda hanya memilih tempat parkir yang teduh agar cat dan karet-karet mobil anda awet.
8. Jangan pasang rem tangan lebih dari tiga hari karena bisa mengakibatkan rem lengket. Rem yang lemket perlu pembongkaran pelek mobil sehingga memakan waktu dan biaya. Untuk perawatan mobil yang sempurna, cek rem mobil anda setahun sekali.
9. Lakukan steam cuci mobil minimal 1 bulan sekali, sesuaikan dengan pemakaian. Perawatan stem mobil secara teratur juga mencegah mobil Timor anda cepat berkarat dan kropos.
Demikian tips perawatan mobil Timor DOHC Injection semoga bermanfaat. Perbedaan mesin Timor DOHC dan Timor SOHC      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar