Kamis, 06 Maret 2014

BAGAIMANA CARA PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK

   Ibarat kertas anak adalah selembar kertas putih kosong yang mana sangat tergantung bagaimana kertas putih itu diisi. Karakter pada anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan rumah, orang tua, lingkungan sekolah. Jadi di mana dia tumbuh sangat mempengaruhi bagaimana seorang anak tumbuh dan memiliki karakter. Meskipun secara bawaan anak memiliki kecenderungan tersendiri, misalnya pendiam namun lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter seorang anak. Jadi bagaimana cara pembentukan karakter pada anak sangat ditentukan oleh asupan hal-hal positif dalam diri anak.
   Ketika seorang anak dilarang naik pagar, maka dalam dunia mereka adalah anjuran untuk naik pagar. Jadi seorang anak kecil masih dominan menggunakan otak kanan atau bawah sadar, sehingga mereka hanya mengenal apa yang mereka dengar. Jika kita melarang "jangan nakal" maka sebenarnya itu memberikan perintah nakal pada si anak. Jadi cara yang paling mudah untuk pembentukan karakter anak adalah dengan mengatakan apa yang kita inginkan. Kata "jangan nakal" bisa diubah menjadi "ayo siapa jadi anak juara", jadi katakan yang kita mau dan jangan melarang karena anak kecil tidak mengenal larangan.

   Kata jangan bagi anak kecil adalah perintah, "jangan nakal" berarti adalah perintah nakal. Jadi lebih baik kata-katanya diubah menjadi hal yang positif "ayo jadi anak sholeh", demikian karena anak-anak masih didominasi oleh otak kanan atau otak bawah sadar. Cara sukses menjalankan bisnis kuliner klik sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar