Selasa, 28 Mei 2013

KOMUNITAS SEPEDA ONTEL DI PONTIANAK


Berikut ini fakta seputar komunitas sepeda ontel di Pontianak :
1. Sepeda ontel merupakan sepeda tua yang pada masanya dijadikan alat transportasi utama masyarakat Indonesia, meskipun sepeda tua tetapi saat ini sepeda ontel telah menjadi sepeda antik yang banyak penggemar dan mempunyai nilai jual tinggi. Sepeda ontel memiliki karakteristik kokoh dan kuat, besar seukuran orang dewasa, dan saat ini harganya cukup tinggi dijual antara 2 juta - 4 juta tergantung kondisi dan keantikannya.
2. Komunitas sepeda ontel di pontianak telah menjadi komunitas tersendiri yang memiliki keunikan, setiap hari minggu mereka berkumpul di car free day area di jalan Ahmad Yani Pontianak untuk berkumpul dan berkeliling bersama dengan pakaian ala jaman Belanda dan pakaian Jawa lengkap dengan topi kadang menarik perhatian warga yang melihatnya. Tampilan sepeda ontel kebanyakan apa adanya tidak diubah seperti dicat ulang sehingga tetap memberikan kesan antik yang kuat.
3. Kehadiran komunitas sepeda ontel di Pontianak memberikan sarana tempat untuk bersosialisasi, melakukan kegiatan yang bermanfaat. Kadang mereka konvoi sepeda sampai ke Tugu Khatulistiwa bahkan pernah sampai ke Mempawah. Tidak hanya di pontianak komunitas sepeda ontel telah menyebar merata hampir di semua wilayah di Indonesia, tak ubahnya seperti komunitas kolektor mobil antik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar