Jumat, 31 Mei 2013

RUMAH WOLOAN, UNIK DAN ANTI GEMPA


Berikut ini seputar fakta rumah woloan yang unik dan tahan terhadap gempa :
1. Rumah woloan merupakan rumah adat minahasa berbentuk panggung yang terbuat dari kayu. Disebut rumah woloan karena dibuat oleh pengrajin di desa Woloan Minahasa Sulawesi Utara. Jika kita jalan-jalan ke kecamatan Tomohon Minahasa, tepatnya di desa Woloan maka sepanjang jalan desa Woloan di kanan-kiri banyak sekali pengrajin pembuat rumah Woloan.
2. Untuk saat ini rumah woloan memiliki pangsa pasar tersendiri untuk seluruh wilayah Indonesia, karena bentuknya yang unik dan cantik jika dilihat. Pemesanan bahkan dapat dilakukan lewat internet, terutama bagi peminat rumah Woloan yang tinggal di luar negeri atau konsumen yang jauh dari desa Woloan Minahasa.
3. Peminat rumah woloan dapat memesan rumah tersebut dari pengrajin di desa Woloan Minahasa, yang mana dapat dikirim ke seluruh wilayah Indonesia bahkan ke luar negeri. Tinggal kesepakatan harga yang pantas, maka rumah woloan yang dikirim adalah yang sudah barang jadi namun dalam bentuk copotan yang kemudian dipasang kembali pada saat tiba di alamat pengiriman.
4. Harga rumah woloan dihitung berdasarkan harga per meternya, sekitar Rp 2 juta - Rp 3 juta per meter. Harga tersebut bisa include (tinggal terima kunci), bisa exclude (belum biaya lain), tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.
5. Bentuk dan keunikan rumah woloan sebenarnya bisa digunakan sebagai model rumah untuk hotel, resort, yang bernuansa etnik dan clasic. Rumah woloan sangat cocok dijadikan model cottage, jika ada pengusaha hotel yang tertarik maka bisa digunakan sebagai model bangunan penginapan yang unik dan dapat menarik minat konsumen.
6. Rumah woloan memiliki konstruksi kayu yang tahan terhadap gempa karena sifat lenturnya, kualitas bahan kayu nya juga dapat memilih misalnya dari bahan kayu kelapa yang lebih kuat. Dengan sifat lentur nya rumah woloan sangat cocok di Indonesia yang merupakan daerah yang sangat rawan dengan gempa bumi.
Demikian fakta seputar rumah woloan yang unik
Jalan-jalan ke Kampung Jawa Tondano  KLIK SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar