Selasa, 28 Mei 2013

TUGU KHATULISTIWA DI PONTIANAK


Berikut ini seputar fakta tugu khatulistiwa di Pontianak :
1. Satu-satunya kota di Indonesia yang dilalui garis lintang 0 derajat atau garis khatulistiwa adalah kota Pontianak. Untuk menandai keberadaan dan posisi kota tersebut maka terdapat tugu khatulistiwa, sebagai tugu juga sebagai icon kota Pontianak. Meskipun tugu khatulistiwa berada di daerah Siantan, cukup jauh dari pusat kota Pontianak namun keberadaannya tetap dianggap sebagai lambang atau icon kota Pontianak.
2. Meskipun hanya sebuah tugu yang terbuat dari balok-balok kayu belian, tugu khatulistiwa tetap diminati oleh para tamu yang datang ke Pontianak. Keinginan untuk melihat secara langsung tugu tersebut menjadi daya dorong tersendiri dari para wisatawan. Sesuatu yang menarik dari tugu khatulistiwa adalah nilai historisnya, karena didirikan pada jaman Belanda dan oleh orang Belanda.
3. Tugu khatulistiwa yang asli ada di dalam bangunan/kubah yang di atasnya dibangun replika tugu khatulistiwa. Tugu khatulistiwa yang asli ini lebih kecil jika dibandingkan dengan replikanya, namun dengan adanya bangunan yang melindunginya maka lebih terawat dan bersih.
4. Di dalam kubah/gedung khatulistiwa dapat kita saksikan sejarah pembuatan tugu khatulistiwa yang mana dibuat dijaman Belanda pada tahun 1928, kemudian terus mengalami penyempurnaan sampai dengan tahun 1991 yang dibuat replika berikut bangunan museum sejarah tugu khatulistiwa tersebut.
Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com
5. Untuk mencapai tugu khatulistiwa dari kota Pontianak dapat dilalui melalui darat ke arah Siantan, namun juga ditempuh dengan menggunakan jalur sungai dengan perahu melalui sungai kapuas, di dekat tugu khatulistiwa saat ini sudah ada port (dermaga kecil) sehingga perahu dapat merapat.
6. Pada bulan Maret dan bulan September merupakan saat titik kulminasi pada posisi teratas. Sehingga pada bulan itu bayangan benda tidak ada sama sekali karena matahari berada pada titik kulminasi. Pada bulan tersebut biasanya ada event menarik di tugu khatulistiwa yaitu menyalakan petasan dengan kaca suryakanta dan merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
7. Untuk saat ini terdapat replika tugu khatulistiwa lain yang sangat mirip dengan aslinya, replika tugu khatulistiwa tersebut terdapat di taman alun-alun kapuas, museum propinsi kalimantan barat, juga di taman mini indonesia indah di Jakarta. Untuk model replika yang lebih mini terdapat di perpustakaan propinsi Kalbar di Jalan Sutoyo Pontianak.
8. Bagi anda yang berkunjung ke pontianak, dan ingin membawa souvenir. Maka dapat membeli miniatur tugu khatulistiwa. Miniatur tugu khatulistiwa ini cukup unik karena dibingkai dalam kaca, dan terdapat lampu penerang di dalamnya. Sehingga miniatur tugu khatulistiwa ini dapat dijadikan hiasan ruang tamu anda. Harga miniatur tugu khatulistiwa yang dijual toko souvenir juga sangat terjangkau dan cukup ringkas ketika dibawa naik pesawat terbang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar