Jumat, 07 Februari 2014

BAGAIMANA CARA MEMULAI BISNIS JAMUR TIRAM

   Anda pernah mencicipi masakan jamur tiram ? Biasanya ada di masakan capcay, sayur sop jamur tiram, mie ayam jamur tiram, atau digoreng dengan bumbu kentucky. Bahkan jamur tiram bisa dibuat kripik kering dan bisa tahan lama seperti kripik tempe, rasanya gurih seperti keripik tempe dan sedikit agak alot. Namun jamur tiram memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi kaya akan protein bahkan bisa dimakan dalam keadaan mentah. Jamur tiram bentuknya seperti tiram, setengah lingkaran seperti kipas dan warnanya putih bersih.
   Untuk memulai bisnis jamur tiram sebaiknya anda melakukan survey kecil-kecilan terhadap permintaan pasar di mana anda tinggal, karena permintaan juga sangat menentukan bisnis jamur tiram anda dapat berjalan dengan baik atau tidak. Karena kelemahan jamur tiram tidak bisa bertahan lama / awet sehingga jika tidak segera terserap pasar maka jamur tiram akan cepat rusak. Untuk lebih awet jamur tiram bisa disimpan di freezer namun itupun juga tidak akan dapat bertahan lama.
   Setelah pasarnya cukup baik maka anda sudah mulai bisa mencari lahan untuk bertanam jamur tiram. Biasanya dalam bentuk gubuk jamur tiram yang biasa disebut rumah bumbung, di dalam rumah bumbung ada kran penyemprot air, alat pengukur kelembaban, rak-rak untuk menaruh kantong jamur tiram. Jamur tiram akan tumbuh dikantong jamur tiram yang diisi dengan serbuk kayu dan bubuk benih jamur tiram. Untuk menghasilkan jamur tiram yang baik sangat ditentukan oleh kelembaban di dalam bumbung.

   Pada awal memulai bisnis jamur tiram kemungkinan anda akan mengalami sedikit kegagalan, biasanya jamur tiram tidak tumbuh dengan sempurna. Namun sebaiknya anda bergabung dengan komunitas petani jamur tiram supaya informasi terkait kendala dalam bisnis jamur tiram bisa anda ketahui dengan baik. Potensi bisnis laundry kiloan klik sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar