Minggu, 06 Agustus 2017

BAHAYA MANDI DI SUNGAI BAGI ANAK-ANAK


   Mandi di sungai bagi anak-anak tentu menyenangkan, namun bahaya mengancam setiap saat bagi anak-anak. Itulah sebabnya orangtua sering marah jika melihat anaknya mandi di sungai, karena memang bahaya sudah mengintip bagi anak apalagi jika tidak bisa berenang. Satu hal yang paling membahayakan bagi anak adalah jika terseret arus dan tenggelam, sudah banyak kejadian seperti ini sehingga bagi orangtua menjadi hal yang dilarang. Anak-anak kadang sembrono ikut-ikutan dengan teman-temannya padahal tidak bisa berenang, hal inilah yang sangat berbahaya sehingga orangtua melarang anak jika mandi di sungai.
   Untuk beberapa sungai di daerah tertentu masih terdapat buaya, ini juga menjadi ancaman bagi anak-anak jika mandi di sungai. Buaya liar yang ada di sungai masih suka menyerang manusia yang ada di dekatnya. Bahkan buaya sungai suka menyerang manusia yang sedang mencuci pakaian di sungai atau sedang mancing. Bahaya bermain di sungai selain tenggelam, diterkam buaya, juga hilang secara misterius yang dihubungkan dengan mistis setempat. Ketika sungai meluap atau banjir lebih berbahaya lagi karena arusnya yang deras.
   Bagi anak kadang kurang memahami mengapa orangtua marah jika mereka mandi di sungai, padahal banyak bahaya mengancam. Orangtua perlu menjelaskan kepada anak tentang bahaya mandi di sungai ini agar mereka mengerti dan memahi. Bermain bagi anak di masa kecil memang sesuatu yang menyenangkan namun juga banyak bahaya mengintip yang anak tidak ketahui. Banyak anak mati tenggelam di waduk, sungai, empang, karena mereka tidak tahu bahaya di sekitarnya.
   Pencemaran air sungai di beberapa tempat sudah mulai mengkhawatirkan, seperti kotoran dari kandang peternakan yang sering dibuang ke sungai, juga buangan limbah pabrik yang dibuang ke sungai. Sehingga bagi anak-anak yang mandi di sungai dikhawatirkan timbul penyakit gatal-gatal. Belum lagi bahaya lain serangan buaya, ada perempuan mandi di sungai yang secara tiba-tiba diserang oleh buaya sungai, sehingga bagi anak-anak mandi di sungai cukup berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar