Sabtu, 05 Agustus 2017

MENGAPA HARGA GARAM BISA NAIK


   Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas lautan paling luas di dunia, lantas mengapa harga garam bisa naik. Jumlah petani garam lokal sebenarnya juga banyak, namun aneh mengapa harga garam bisa naik. Namun sebenarnya faktor cuaca juga sangat mempengaruhi produksi garam, sementara itu tingkat konsumsi garam dalam negeri dengan jumlah penduduk Indonesia lebih dari 250 juta cukup tinggi. Ketidakseimbangan antara kebutuhan garam dengan ketersediaan menjadi penyebab mengapa harga garam bisa naik. Namun petani garam sendiri ketika kondisi normal juga tidak begitu menikmati harga garam, harga yang rendah menyebabkan petani garam memproduksi garam tidak terlalu banyak.
   Ketika persediaan garam dalam negeri terbatas, sementara kebutuhan cukup tinggi, maka pemerintah berencana untuk melakukan impor garam. Namun impor garam ini juga bisa memberikan dampak yang kurang baik, antara lain harga pasaran garam dalam negeri bisa jatuh jika stock melimpah. Memang serba salah, jika stock kurang maka harga akan naik sementara jika stock berlimpah harga garam akan jatuh. Diperkirakan ketika memasuki musim kemarau petani garam akan memasuki masa panen sehingga stock garam akan kembali melimpah. Sehingga petani garam dalam negeri produksinya sangat dipengaruhi oleh kondisi musim, jika memasuki musim hujan maka produksi garam akan menurun.
   Sudah saatnya petani garam kita memiliki teknologi atau tambak garam yang tidak tergantung pada musim, salah satunya dengan ladang garam tertutup. Dengan tambak garam tertutup, entah itu dengan terpal atau bangunan sederhana maka produksi garam tidak akan terganggu oleh perubahan musim. Kebijakan impor garam jika terus berlanjut sehingga stock garam melimpah maka akan merusak harga garam dalam negeri. Sehingga dalam hal ini pemerintah harus memikirkan kesejahteraan para petani garam lokal.
  Pembinaan dan penyuluhan sangat diperlukan bagi petani garam agar mereka dapat mempertahankan produksinya, sementara itu juga bisa menikmati harga garam yang pantas. Saat ini belum banyak pelaku usaha besar yang mengkhususkan diri untuk kebutuhan garam dalam negeri. Paling banyak adalah pemain kecil sekelas UKM yang memproduksi garam dengan skala terbatas. Seputar harga garam yang naik dan turun selalu dipengaruhi oleh hukum supply and demand, sehingga dalam hal ini pemerintah harus senantiasa melakukan kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar