Minggu, 13 Agustus 2017

JEBAKAN KARTU KREDIT YANG SERING TERJADI


   Kartu kredit memang sangat membantu kita untuk berbagai transaksi, khususnya untuk untuk transaksi non cash. Namun kadang penggunaan kartu kredit ini bisa menjadi semacam bumerang dan jebakan hutang bagi pemakainya. Sehingga dalam hal ini harus hati-hati dalam menggunakan kartu kredit jangan sampai bermasalah akibat penggunaan yang sembarangan.
   Kebanyakan mereka yang sering terjebak menggunakan kartu kredit karena sering membayar minimum setiap bulan, sehingga tanpa terasa hutang menumpuk. Padahal jika membayar lunas sebenarnya juga bisa, namun karena berfikir jika bisa bayar minimum kenapa harus bayar lunas. Sehingga tanpa terasa hutang kartu kredit semakin menumpuk.
   Membayar kartu kredit dengan membayar minimum merupakan cara bunuh diri dengan pelan-pelan karena tanpa terasa hutang terus menggunung. Sementara pembayaran secara minimum dampaknya tidak terlalu significant mengurangi jumlah hutang. Kelihatannya mengurangi, tapi sebenarnya tidak terlalu banyak mengurangi karena bunga kartu kredit yang tinggi.
   Penggunaan lebih dari dua kartu kredit juga menjadi biang keladi permasalahan kartu kredit, bahkan ada seseorang yang punya lebih dari sepuluh kartu kredit. Jika untuk tujuan yang produktif mungkin bisa bermanfaat, namun kebanyakan digunakan untuk konsumtif. Kartu kredit sebaiknya maksimal memiliki dua kartu saja, satu untuk cadangan jika yang satu sedang terjadi troubel.
   Namun kebanyakan orang berlomba memperoleh kartu kredit sebanyak-banyaknya, padahal sama juga menggali lubang untuk diri sendiri. Jika tidak cermat menggunakan kartu kredit yang jumlahnya banyak ini akan menggulung dan mengubur diri sendiri. Sehingga disarankan sebaiknya memiliki maksimal dua kartu kredit saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar