Jumat, 11 Agustus 2017

KEKURANGAN BISNIS RUMAH KONTRAKAN


   Salah satu penghasilan yang bisa diperoleh dari kepemilikan properti adalah rumah kontrakan, namun ternyata bisnis rumah kontrakan ini juga tidak mudah mengurusnya karena kadangkala perilaku penyewa rumah kadang kurang patut sehingga kadang mengecewakan pemilik. Inilah salah satu kekurangan bisnis rumah kontrakan. Karakter penyewa berbeda-beda ada yang suka dengan kebersihan namun juga ada yang jorok.
   Tidak hanya itu kadang cara membayarnya juga terlambat, ini juga hal yang kadang membuat pemilik menjadi jengkel. Namun ada juga penyewa yang baik-baik dalam perilaku, sehingga pemilik pun senang dan merasa nyaman. Untuk penyewa kelas menengah ke atas memiliki tingkat kepatuhan bayar yang lebih baik jika dibandingkan dengan penyewa kelas bawah. Namun penyewa kelas menengah ini juga sembarangan atau jorok, kadang karena merasa punya duit perilakunya juga kurang patut.
   Mengelola bisnis kontrakan juga memerlukan seni yang mumpuni, salah satunya bagaimana membidik pangsa pasar. Untuk pasar kelas menengah ke atas lebih empuk dan mudah untuk pembayaran, namun juga punya sisi kekurangan karena merasa punya duit dapat melakukan apa saja. Sehingga sebagai pihak penyewa harus pintar-pintar memilih segmen penyewa.
   Untuk lokasi rumah kontrakan juga sangat menentukan pangsa pasarnya, apakah lingkungan kampus, pabrik, sekolah, pasar, masing-masing memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda. Untuk yang memiliki pangsa pasar bagus rumah kontrakan saat ini jika lokasinya dekat pabrik atau pasar. Peminat rumah kontrakan yang lokasinya dekat pabrik cukup tinggi, dan merupakan ceruk pasar yang menggiurkan.
  Namun tingkat supply and demand harus tetap diperhatikan, keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Untuk wilayah tertentu sangat mungkin terjadi over supply, sehingga sebagai pemilik bisnis kontrakan harus jeli melihat potensi yang ada . Jangan sampai membangun rumah kontrakan di suatu lokasi namun ternyata tingkat huniannya sepi.
   Penambahan fasilitas dapat mendukung nilai jualnya, sehingga pemasangan AC, tv kabel, akan membuat nilai sewa lebih tinggi. Kamar mandi yang berada di dalam juga menjadi salah satu pertimbangan bagi penyewa untuk memilih kontrakan. Kontrakan yang bagus apabila memiliki pagar yang tertutup serta ada penjaga yang bisa dipercaya. Untuk perawatan rumah kontrakan seperti kebersihan juga bisa menggaji orang untuk mengurusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar