Sabtu, 05 Agustus 2017

PANTAI GEMAH TULUNGAGUNG WISATA PANTAI LAUT SELATAN


   Bagi anda yang suka jalan-jalan, maka Pantai Gemah Tulungagung ini layak dicoba karena nuansa keindahan dan suasana yang khas pantai selatan, lokasi Pantai Gemah ini berada di selatan kota Tulungagung tak jauh dari Pantai Popoh. Jalan menuju lokasi sangat lebar dengan aspal halus hotmix yang merupakan jalur lintas selatan pulau Jawa. Sehingga untuk perjalanan ke lokasi pantai ini cukup nyaman karena jalannya yang cukup bagus. Untuk kontur jalan menuju lokasi naik turun seperti menembus bukit, namun pemandangan kanan kiri sangat indah pemandangan hamparan pantai laut selatan.
   Ketika memasuki kawasan Pantai Gemah, kendaraan akan diarahkan ke areal parkiran yang cukup luas. Petugas yang menyetop kemudian menanyakan jumlah penumpang yang ada di dalam, kemudian menyebutkan jumlah retribusi yang harus dibayar termasuk untuk biaya parkir kendaraan. Untuk kawasan parkiran terdapat pohon-pohon dengan tinggi yang sedang, tidak terlalu pendek namun juga tidak terlalu rindang. Kondisi Pantai Gemah pasirnya berwarna coklat, cukup landai, namun ombaknya cukup besar.
   Banyak perahu kayu di pantai jika ingin pergi ke tengah, perahu-perahu tersebut dihubungkan dengan tali ke tonggak agak ditengah sehingga ketika akan bergerak sang operator hanya menarik tali perlahan hingga perahu bergerak. Ombak yang cukup besar menyebabkan perahu kayu tersebut naik turun, untuk kembali ke pinggir pantai perahu kayu digerakan dengan layar terkembang. Wisata naik perahu kayu merupakan salah satu yang ditawarkan bagi pengunjung di Pantai Gemah Tulungagung.
   Sarana lain yang ditawarkan adalah sewa Motor ATV, sepeda motor roda empat dengan perpindahan gigi seperti sepeda motor tapi bisa maju dan mundur. Harga sewa untuk Motor ATV ukuran kecil Rp50ribu per jam, sementara untuk Motor ATV ukuran besar disewakan Rp70ribu per jam. Untuk menyewa Motor ATV ini harus mengantri dengan mengisi daftar tunggu. Main motor ATV merupakan hal yang mengasyikan bagi anak-anak. Bisa menyusuri sepanjang pasir pantai dengan menggunakan motor ATV ini.
   Di Pantai Gemah Tulungagung ini juga terdapat wisata kuliner ikan bakar, harganya sangat murah. Bagi anda warga kota besar seperti Jakarta akan terkejut ketika makan ikan bakar yang ternyata harganya cukup murah namun dengan sajian yang menggugah selera. Ikan yang dibakar bisa memilih antara lain ikan cakalang, ikan tuna, ikan barakuda, kondisi ikan juga masih segar sehingga sangat lezat ketika dihidangkan dengan dibakar.
   Pada pantai ini juga banyak terdapat ruang ganti sehabis mandi di pantai, sehingga bisa membilas badan dengan air tawar dengan bersih. Terdapat juga mushola jika ingin melaksanakan sholat, jika ingin santai lebih lama di dekat Pantai Gemah juga banyak warung minuman dan makanan kecil. Secara umum fasilitas pada Pantai Gemah ini cukup layak untuk tempat wisata pantai, tinggal bagaimana Pemda Tulungagung mengembangkan kawasan wisata ini.
   Pantai gemah ini cukup strategis berada di tepi jalur lintas selatan tulungagung sehingga untuk aksesnya sangat baik. Namun untuk pengembangan wisata pantai ini masih memerlukan pengembangan lagi, sehingga dilirik oleh wisatawan. Jalur lintas selatan jawa timur diharapkan menjadi penghubung alternatif untuk trans Jawa. Untuk masa mudik lebaran maka jalur alternatif ini benar-benar sangat diperlukan karena secara umum jalur lintas utara jawa sudah sangat padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar