Senin, 07 Agustus 2017

MAKANAN KERUPUK BASAH PUTUSSIBAU


   Bagi anda pecinta kuliner pasti tak henti hentinya mencari hal baru tentang makanan atau minuman. Salah satunya adalah makanan camilan khas putussibau, orang menyebutnya dengan kerupuk basah. Makanan ini sebenarnya seperti empek-empek lenjer atau bisa dikatakan kerupuk mentah yang belum diiris-iris. Dari sisi bentuk inilah mungkin orang menyebutnya sebagai kerupuk basah, seperti kerupuk mentah yang belum diiris atau dipotong tipis-tipis. Ini merupakan makanan khas oleh-oleh dari Putussibau salah satu kabupaten di Kalimantan Barat.
   Untuk menghidangkan makanan ini dengan cara direbus atau digoreng, kemudian dicocol-cocol dengan sambel kacang. Jika dikaji rasanya, maka seperti empek-empek goreng, namun bedanya jika kerupuk basah dicocol dengan sambel kacang namun untuk empek-empek menggunakan kuah tersendiri yang rasa kuahnya agak asam. Namun jika ingin dirasakan gurih ngaknya maka lebih baik jika kerupuk basah ini digoreng saja. Setelah direbus atau digoreng, maka kerupuk basah ini dipotong-potong seperti lontong, baru kemudian dimakan.
   Kerupuk basah dibuat dari bahan yang sama seperti membuat kerupuk ikan, dari adonan tepung dan ikan. Kualitas campuran ikan akan menentukan rasa dari kerupuk basah ini, jika yang dibuat dengan adukan ikan yang baik dan cukup, maka rasa ikan dilidah sangat terasa. Sebaliknya jika adonan untuk ikan yang dicampurkan kurang baik maka rasa gurih ikan tidak terasa atau kurang. Namun kerupuk basah yang asli dibawa dari Putussibau memiliki rasa yang paten di lidah.
   Bagi anda pecinta kuliner pasti penasaran dengan makanan ini, namun untuk menemukan di kota selain Ptussibau kerupuk basah ini jarang ditemukan. Bisa ditemukan di kota terdekat seperti Sintang, namun rasanya ternyata berbeda dibandingkan dengan yang asli dibawa dari Putussibau. Di kota Pontianak juga bisa ditemukan kerupuk basah ini namun ternyata rasanya juga berbeda. Jika ada teman di Putussibau sebenarnya bisa dipaketkan dengan paket pos kilat dan sekitar tiga hari baru sampai jika anda tinggal di Jawa.
   Namun untuk jarak ke Jawa harga paketnya pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga kerupuk basah nya, tapi tak apalah jika memang penasaran dengan rasanya. Atau jika memang sedang dinas kerja ke Putussibau maka kerupuk basah ini bisa dibawa dan tahan berhari-hari. Asalkan cara membungkusnya yang rapat dan perjalanan yang tidak terlalu lama, kerupuk basah ini bisa dibawa pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar