Minggu, 13 Agustus 2017

MASA DEPAN SMS DAN TELEPON BIASA


   Untuk saat ini pengguna hp sudah sangat jarang menggunakan short massage service (sms) yang mana dulu menjadi andalan dalam komunikasi. Saat ini orang lebih sering menggunakan pesan whatsup dan sejenisnya untuk mengirim pesan pendek. Jika dulu menggunakan potongan pulsa saat ini cukup menggunakan kuota internet saja.
   Sepertinya masa depan sms juga tidak lama lagi akan berakhir,  kemajuan jaman dan teknologi memang tak bisa dihentikan. Saat ini operator seluler juga fokus untuk menjual kuota internet dibandingkan dengan menjual pulsa, karena cepat atau lambat pesan sms akan mati.
   Demikian juga dengan panggilan telepon biasa sudah tergantikan dengan whatsup call bahkan dengan video call cukup dengan menggunakan kuota internet yang lebih murah. Bahkan di tempat tertentu yang tersedia wifi koneksi internet bisa gratis. Inilah tantangan operator seluler yang harus dihadapkan pada jaman internet.
   Dari sisi konsumen komunikasi dengan media internet ini jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pulsa biasa. Ini yang harus dibaca oleh operator seluler, era jaman sudah berubah sehingga harus bersiap-siap untuk meningkatkan layanan atau mengubah layanan.
   Dalam sejarah, produk teknologi tidak akan pernah langgeng, jika ada yang baru maka yang lama harus ditinggalkan. Pada era 90an ada pesan melalui  pager, namun beberapa tahun kemudian sms hadir, akhirnya pesan pager dtinggalkan. Demikian juga saat ini pesan sudah dapat dikirim dengan aplikasi media sosial sehingga mungkin sms juga akan ditinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar