Rabu, 09 Agustus 2017

KELEBIHAN PESANTREN ASSYIFA SUBANG JAWA BARAT


   Pendidikan pesantren menjadi salah satu pilihan bagi orangtua untuk menitipkan pendidikan anak pada lembaga terpercaya. Pesantren assyifa termasuk salah satu pilihan yang bisa dilirik, lokasi pesantren ini ada di daerah Subang Jawa Barat. Tepatnya di jalan cagak Subang Jawa Barat, namun lokasinya sudah lebih dekat dengan Ciater Subang sehingga udaranya terasa dingin. Pesantren ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan yang lain, salah satunya gedung pesantren dan asrama yang terpisah antara santri putra dan santri putri.
   Kelebihan lain yang dimiliki pesantren ini sebagian murid pesantren assyifa ini ada yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Thailand. Sehingga terjadi interaksi antar budaya bangsa, bahkan untuk bahasa pengantar juga menggunakan bilingual bahasa Arab. dan bahasa Inggris. Dilihat dari fasilitas pesantren ini cukup lengkap mulai dari asrama, masjid, gedung olahraga. Bahkan pesantren juga memiliki peternakan untuk memperkenalkan kewirausahaan bagi para santri.
   Jarak pesantren assyifa ini ke Jakarta sekitar 128km, cukup jauh memang namun untuk jalur jalannya lebih lancar dibandingkan yang ke arah bogor. Untuk biaya masuk pesantren assyifa ini sekitar Rp18juta yang harus dibayarkan maksimal satu minggu setelah pengumuman kelulusan. Sementara untuk SPP nya sekitar Rp1,6juta per bulan. Untuk setiap angkatan mungkin untuk uang masuk dan SPP nya berbeda.
   Untuk cara daftar pesantren ini dilakukan secara online, kemudian mengisi data calon santri dan orangtua. Setelah daftar secara online maka nanti ada email yang memberitahukan mentranfer uang pendaftaran jumlahnya sekitar Rp350ribu. Setelah melakukan transfer harus konfirmasi melalui email atau whatsup, setelah itu akan mendapatkan pemberitahuan lagi bahwa akun pendaftaran sudah aktif.
   Setelah akun pendaftaran aktif, maka selanjutnya bisa mencetak kartu ujian sendiri. Kartu ujian santri ini akan dibawa ketika melakukan test wawancara sekitar bulan Desember, dan test akademik meliputi pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA sekitar bulan Pebruari. Untuk pengumuman kelulusan sekitar bulan Maret yang diberitahukan melalui email, atau bisa dilihat di website pesantren assyifa.
   Persaingan untuk masuk pesantren assyifa ini cukup ketat, untuk satri putri hanya menerima kursi 110santri, sementara jumlah pendaftar sekitar 900orang. Untuk santri putra juga hanya menerima 110santri saja, sementara jumlah pendaftar untuk santri putra ini sekitar 1200orang. Dengan persaingan yang cukup ketat ini bagi yang berminat untuk masuk pesantren assyifa bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. 
    Pasca pengumuman maka uang masuk harus dibayarkan maksimal satu minggu setelah pengumuman. Selanjutnya menunggu masa orientasi santri dan masuk asrama sekitar bulan Juli. Sekolah di pesantren assyifa ini cukup menyenangkan dilihat dari suasasana lokasi pesantren, fasilitas, dan kegiatan yang diberikan oleh pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar