Sabtu, 05 Agustus 2017

MELIHAT SMPI AL AZHAR 31 SUMMARECON BEKASI


   Menyekolahkan anak di sekolah berkualitas merupakan dambaan semua orang tua, salah satunya pada SMPI Al Azhar 31 Summarecon Bekasi. SMP Islam swasta ini berada di kawasan perumahan Summarecon Bekasi, berada tidak jauh atau bersebelahan dengan Sekolah BPK Penabur. Di kawasan ini memang berdiri sekolah-sekolah dengan reputasi kualitas yang sangat baik. Gedung yang ditempati oleh SMPI Al Azhar 31 Summarecon Bekasi berada satu lokasi dengan SDI Al Azhar 44 dan SMAI Al Azhar 8. Di samping sekolah terdapat Masjid Raya Al Azhar Summarecon Bekasi, masjid yang didesign oleh Ridwan Kamil yang notabene pernah menjabat sebagai Walikota Bandung.
   SMPI ini memang baru berdiri sekitar empat tahun namun sudah memiliki segudang prestasi secara nasional maupun internasional. Untuk bisa masuk sekolah ini harus dilakukan test yang cukup ketat, baik itu secara akademik maupun bacaan Al Quran. Program sekolah SMPI ini sangat baik, antara lain pengembangan akhlakul karimah, prestasi akademik, enterpreunership, hafalan Quran. Untuk ekstrakurikuler ada yang bersifat wajib dan tambahan, untuk yang wajib adalah Pramuka dan Beladiri. Sementara itu untuk ekskul tambahan cukup banyak seperti tari saman, fotografi, bahasa Inggris, futsal, basket.
   Sekolah ini juga menerapkan kelas bilingual, atau menggunakan dua bahasa pengantar yaitu Indonesia dan Inggris. Namun untuk masuk kelas bilingual ini harus dilakukan test terlebih dahulu untuk setiap siswa. Guru-guru yang ada pada SMPI ini kebanyakan merupakan guru berpengalaman, bahkan untuk kepala sekolahnya pernah menjabat Kepala Sekolah Al Azhar di tempat yang lain. Para guru Yayasan Pendidikan Al Azhar memang selalu dilakukan rolling untuk menjaga performance.
   Secara standar kualitas sekolah al azhar memang sudah berpengalaman dan terprogram dengan sangat baik. Sehingga banyak orang tua yang percaya menitipkan anaknya di sekolah ini, jika dibandingkan dengan sekolah yang relatif baru dan secara kualitas belum pasti. Khusus untuk skill bahasa Inggris, guru didatangkan dengan kualifikasi native speaker sehingga para siswa sudah terbiasa berkomunikasi dengan orang asing.
   Namun sekolah al azhar di summarecon bekasi ini harus bersaing ketat dengan sekolah lain yang tepat di sebelahnya yaitu BPK Penabur. Kita tahu bahwa secara prestasi dan kualitas BPK Penabur sangat cemerlang, sehingga sekolah al azhar yang berada bersebelahan harus bisa membuktikan tak kalah prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Salah satu nilai plus perumahan summarecon bekasi karena terdapat sekolah-sekolah terbaik di sini yaitu al azhar, bpk penabur, dan universitas binus.
   Biaya masuk sekolah ini berkisar antara Rp28juta s/d Rp30juta, sedangkan untuk SPP nya berkisar antara Rp1,3juta s/d Rp1,5juta per bulan. Uang masuk dan SPP berbeda setiap angkatan disesuaikan dengan waktu masuk, untuk angkatan yang lebih awal untuk biaya masuk dan SPP pasti lebih murah dibandingkan dengan yang angkatan belakangan. Untuk pembayaran uang masuk dan SPP bisa dilakukan melalui transfer bank melalui virtual account masing-masing murid.
   Bagi orangtua yang tidak bisa mengantar anak ke sekolah maka disediakan mobil antar jemput. Untuk biaya antar jemput ini sekitar Rp400ribu  s/d Rp600ribu per bulan sangat tergantung dari jarak rumah ke sekolah. Namun dengan fasilitas antar jemput ini dirasakan lebih praktis dan nyaman. Orangtua tidak perlu repot-repot lagi mengantar, kita tahu bahwa sebagian wilayah Bekasi cukup rawan kemacetan sehingga jika orangtua harus mengantar anak ke sekolah setiap hari tentu merepotkan.
   Untuk absensi sudah menggunakan finger print sidik jari yang terhubung dengan gadget orangtua, sehingga dapat diketahui jika anak sudah tiba di sekolah. Untuk jam pulangnya adalah jam empat sore, sehingga siswa sudah melaksanakan sholat ashar di sekolah. Kebetulan di samping sekolah ada Masjid yang cukup besar sehingga para siswa sholat ashar dulu di sana setelah itu baru pulang. Hingga sampai di rumah jika menggunakan jemputan sekolah tiba sekitar jam lima sore.
   Secara akademik sekolah al azhar merupakan sekolah berprestasi dengan nilai rata-rata ujian nasional selalu masuk peringkat sepuluh besar baik itu tingkat kota maupun propinsi. Namun juga harus bersaing dengan sekolah swasta lain yang reputasinya cukup baik antara lain BPK Penabur, Labschool. Namun dengan standar sekolah yang diterapkan oleh sekolah al azhar maka prestasi itu akan terus bisa dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan.
   Dilihat dari fasilitas sekolahnya, smpi al azhar 31 summarecon bekasi ini cukup lengkap, mulai dari lapangan olahraga, kantin, laboratorium. Untuk gedung dilengkapi dengan lift dan tangga biasa, karena sudah lebih dari empat lantai maka gedung sekolah ini wajib menggunakan lift. Untuk keamanan security juga sangat baik ditempatkan di pintu gerbang masuk dan keluar serta perparkiran. Terdapat juga area perparkiran yang luas di basemen lantai paling bawah gedung.
   Sekolah al azhar ini juga memiliki kultur yang baik, diantaranya diajarkan untuk sopan santun, jujur, dapat dipercaya, patuh, pandai, berani, tulus. Menanamkan nilai-nilai (value) pada anak didik sangat baik untuk saat ini, kita ketahui bahwa ancaman degradasi moral sangat nyata. Oleh karena itu pembekalan nilai-nilai, karakter, sangat penting untuk menciptakan karakter yang baik bagi setiap siswa. Sekolah tidak hanya menciptakan anak didik yang baik namun juga memiliki akhlak yang baik.
   Sekolah dengan basis pendidikan agama Islam seperti al azhar merupakan salah satu alternatif orangtua ketika akan menitipkan anaknya di pesantren. Namun perbedaannya jika sekolah di al azhar maka pendidikan langsung orang tua dan anak terus berlanjut. Sementara itu jika di pesantren antara anak dan orangtua mungkin hanya bisa bertemu satu bulan sekali. Jangan lupa orangtua harus merogoh kocek lagi ketika akan menjenguk anak di pesantren.
   Pendidikan kemandirian anak juga diajarkan di sekolah ini, antara lain ada pesantren kilat, perkemahan bersama, pendidikan kewirausahaan. Anak harus dilatih untuk bisa hidup mandiri tidak boleh sangat tergantung pada orangtua. Namun anak harus tetap diajarkan tentang kerjasama sinergi sehingga bisa terjun di tengah-tengah masyarakat. Sekolah al azhar didesign mendidik siswa memiliki akhlak yang baik dan memiliki ketrampilan hidup.
   Salah satu ciri khas sekolah Al Azhar yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Al Azhar Kebayoran Jakarta adalah yang memiliki nomor di belakang nama sekolah tersebut seperti SMPI Al Azhar 31, SMAI Al Azhar 8. Yayasan Al Azhar sudah berdiri sangat lama dirintis oleh Buya Hamka salah seorang ulama, tokoh bangsa, sastrawan Indonesia yang cukup dikenal oleh bangsa. Sehingga merupakan sekolah yang memiliki sejarah cukup lama dan cukup berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar