Cloud Hosting Indonesia

Kamis, 17 Agustus 2017

MAKNA LOMBA KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS


   Setiap ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus pasti diadakan perayaan lomba, mulai dari makan krupuk, balap karung, panjat pinang. Ada makna dari setiap lomba yang diadakan, bahwa untuk mencapai sesuatu perlu perjuangan tidak bisa dicapai dengan cuma-cuma. Untuk mencapai sesuatu memerlukan pengorbanan dan kesungguhan dari setiap orang dan bangsa. Setiap orang pada dasarnya harus memperjuangkan apa yang menjadi cita-citanya.
   Segala macam lomba yang diadakan pada 17 Agustus merupakan simbol saja, bahwa para pahlawan kita mendapatkan kemerdekaan dengan penuh pengorbanan jiwa dan raga. Bahwa segala sesuatu tidak dapat digapai dengan mudah saja ada pengorbanan dan air mata. Panjat pinang juga merupakan simbol bahwa untuk mendapatkan sesuatu tidak boleh putus asa, jangan cepat menyerah sebelum menggapai apa yang dicita-citakan.
   Lomba memperingati kemerdekaan sebenarnya juga merupakan simbol suka cita-cita bangsa Indonesia, ada semacam perayaan dan panggung gembira. Memberikan makna bahwa bangsa Indonesia tengah bersuka cita. Pada hari kemerdekaan merupakan tanggal yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia bebas dari belenggu penjajahan. 
   Makna lomba kemerdekaan bahwa kita tidak boleh menjadi bangsa yang manja, bahwa segala sesuatunya tidak diperoleh dengan mudah begitu saja. Harus diperjuangkan dan diusahakan dengan sungguh-sungguh. Jer basuki mowo beyo, untuk mendapatkan sesuatu harus ada pengorbanan dan perjuangan.