Sabtu, 05 Agustus 2017

SOP TULANG KANTIN BESTARI KERATON MEMPAWAH


   Bagi anda yang ingin mencari sop tulang legit, maka sop tulang kantin Bestari Keraton Mempawah ini layak anda coba. Ketika mendengar pertama kali tentang sop tulang pasti yang kebayang adalah sop dengan banyak tulang, ternyata tidak justru sop yang banyak dagingnya. Kantin Bestari merupakan rumah makan sederhana yang berada di depan Keraton Mempawah Kalimantan Barat. Kantin ini sangat ramai dengan pengunjung setiap hari, dan menu yang cukup terkenal adalah sop tulang.  Waktu paling ramai adalah siang hari menjelang makan siang, banyak sekali mobil berjejer untuk makan siang.
   Sop tulang ini dari rasa cukup legit dengan banyak daging dan tulang rawan, pokoknya puas deh makan sop tulang di sini. Untuk pelayanan cukup cepat, tidak sampai 15menit hidangan sop tulang yang kita pesan sudah tiba. Dengan nasi yang dipisah, untuk minuman biasanya ditawarkan apakah es air jeruk atau teh es, sangat pas untuk mengimbangi udara panas pada siang hari. Namun biasanya untuk satu porsi sop tulang terasa kurang jika hanya satu nasi, perlu satu porsi nasi tambahan lagi supaya kenyang.
   Untuk terasa lebih renyah di atas meja makan disajikan kerupuk emping melinjo, kerupuk biasa, sangat pas ketika makan sop tulang. Ada juga kecap manis, kecap asin, jeruk lemon, garam, bisa ditambahkan sesuai dengan selera rasa kita. Pada Kantin Bestari juga terdapat toilet yang cukup bersih juga bisa sholat di situ, karena kantin tersebut tepat berada di sebelah rumah melayu yang sudah berumur, namun masih terlihat kokoh dan bersih.
   Salah satu ciri khas Kantin Bestari ini selalu diputar lagu nostalgia tembang kenangan seperti Koes Plus. Sehingga para pengunjung bisa sambil makan dan mendengarkan lagu hiburan. Untuk tempat makannya ada yang di meja dan di lesehan bawah. Pada siang hari tempat makan ini cukup ramai, sehingga untuk dapat tempat lebih baik jika datang lebih awal sebelum jam 12siang agar bisa kebagian tempat.
   Kabupaten Mempawah berada di Propinsi Kalimantan Barat, yang mana terdapat Keraton Mempawah. Posisi Kantin Bestari berada di depan Keraton Mempawah kira-kira jarak 50meter. Keraton Mempawah merupakan cikal bakal Keraton Pontianak, karena konon raja Pontianak yang pertama berasal dari Keraton Mempawah. Kabupaten Mempawah tergolong kota kecil yang tidak terlalu ramai, namun instansi pemerintah dan swasta nasional semua ada di situ.
   Pada hari raya imlek keraton Mempawah sengaja dibuka untuk masyarakat, ada kegiatan di dalamnya seperti bakti sosial. Namun pada hari imlek keraton tersebut suka bagi-bagi ampau bagi anak-anak. Komplek keraton mempawah tidak terlalu besar sebenarnya dibandingkan dengan keraton-keraton yang ada di Jawa, namun bangunannya masih asli belum banyak berubah. Namun rekondisi kecil-kecilan tetap ada sehingga terlihat bersih dan terawat.
   Berkunjung ke Mempawah belum lengkap rasanya jika tidak merasakan sop tulang Kantin Bestari, daging dan tulang rawan yang banyak serta bumbunya yang memang legit layak untuk anda coba. Tak jauh dari Keraton Mempawah tepatnya di sekitar Kantor Bupati mempawah sebenarnya juga terdapat pusat kuliner. Namun baru buka sekitar jam empat sore, kuliner yang ditawarkan cukup lengkap mulai dari sate, nasi goreng, soto, seafood, semua ada. Namun pada siang hari pusat kuliner Mempawah ini belum ada, sehingga jika anda pas berkunjung ke Mempawah siang hari terpaksa mencari makan di tempat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar