Jumat, 04 Agustus 2017

DAMPAK BURUK INTERNET BAGI ANAK


   Benarkah internet memberikan dampak buruk bagi anak, dampak buruk seperti apakah yang ditimbulkan bagi anak. Semua fasilitas sebenarnya seperti sebuah pisau tajam, yang bisa dimanfaatkan untuk memasak memotong sayur atau untuk tujuan kejahatan. Jadi sangat tergantung bagi penggunanya, ineternet bisa digunakan untuk mencari informasi dan hal lain yang bermanfaat, namun juga bisa digunakan untuk hal buruk misal untuk nonton film porno. Internet juga bisa digunakan sebagai media penipuan dengan berbagai cara.
    Menampilkan data secara terbuka di sosial media seperti facebook bisa dimanfaatkan oleh para penipu untuk melakukan aksinya. Jadi lebih baik anda hati-hati mencantumkan data pribadi seperti nomor handphone, dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Berbagai modus penipuan sangat marak di internet dan sudah banyak yang menjadi korban. Bagi anak-anak juga sangat dikhawatirkan jika mereka mengakses website yang menampilkan gambar dan video tidak senonoh.
   Namun internet juga merupakan kebutuhan informasi yang tak bisa terelakan, semua informasi bisa diperoleh dengan mudah di internet. Bahkan internet menjadi salah satu referensi dalam setiap penulisan karya ilmiah, internet menjadi semacam perpustakaan elektronis online yang bisa dimanfaatkan kapan saja dan di mana saja. Dengan penyempurnaan mesin penelusur seperti google, maka kualitas informasi yang disajikan sudah semakin baik sesuai dengan kata kunci yang dicari.
  Lebih jauh lagi internet bisa disalahgunakan untuk penyebaran faham terorisme, untuk merekrut, dan menggalang pengikut. Bahkan melalui media internet ini , jaringan terorisme internasional dikendalikan oleh para pemimpinnya. Internet merupakan media paling efektif untuk menyebarkan propaganda terorisme bahkan aliran sesat sekalipun. Melalui internet juga sangat efektif untuk menyebarkan berita hoax guna menanamkan kebencian pada pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar