Selasa, 08 Agustus 2017

CARA DAFTAR PONDOK PESANTREN AL KAHFI CIGOMBONG BOGOR


   Bagi anda yang sedang mencarikan pesantren untuk anak, maka pondok pesantren yang satu ini layak menjadi pertimbangan. Pondok pesantren tersebut adalah pesantren al kahfi di cigombong bogor. Lokasi pondok pesantren ini sangat dekat dengan lereng gunung Salak di daerah cigombong bogor. Untuk akses masuknya, dari perempatan Ciawi Bogor masuk ke jalan ke arah ke Sukabumi, setelah itu nanti ketemu dengan gerbang sekolah polisi SPM cigombong bogor masuk ke arah kiri Jalan SPM terus ikuti jalan, dan nanti ada pentunjuk arah panah ke pondok pesantren al kahfi.
   Ketika di gerbang pondok pesantren biasanya akan ditanya oleh pertugas gerbang (security) tujuannya untuk apa, biasanya untuk menjenguk santri atau sekedar survey. Jika dilihat kontur tanah areal pesantren al kahfi ini seperti naik turun alias tidak datar. Pada bagian atas terdapat masjid sekolah, kemudian turun sedikit masuk kawasan sekretariat kantor pesantren, juga ada gedung untuk SMP dan SMA Al Kahfi.
   Kemudian turun lagi ke bawah, banyak terdapat asrama untuk santri al kahfi, untuk asramanya seperti bentuk rumah namun terpisah satu sama lain. Untuk tiap rumah asrama, terdapat wali asrama yang merupakan pengganti orangtua selama santri mondok di pesantren al kahfi. Santri al kahfi tidak boleh membawa HP, ada juga HP namun dipegang oleh wali asrama sehingga jika akan telpon dengan orangtua santri melalui HP yang dipegang oleh wali asrama tersebut.
   Pendaftaran pesantren al kahfi biasanya dilakukan sekitar bulan Desember, cara daftarnya dilakukan secara online dengan mengisi biodata calon santri dan orangtua secara lengkap. Termasuk yang diisi dalam biodata adalah penghasilan orangtua per bulan. Setelah pendaftaran sudah dilakukan secara online, maka akan ada balasan email bahwa pendaftaran telah diterima oleh panitia pendaftaran. Selanjutnya diminta untuk mentransfer sejumlah uang pendaftaran, untuk saat ini biaya pendaftaran pesantren al kahfi sebesar Rp350ribu.
   Setelah mentransfer uang pendaftaran, orangtua diminta melakukan konfirmasi bukti transfer tersebut bisa melalui media whatsup atau email. Setelah konfirmasi pendaftaran diterima maka akan dapat email balasan lagi bahwa pendaftaran telah valid. Selanjutnya diberikan password untuk bisa akses ke akun pendaftaran, melalui password ini orangtua dapat mencetak kartu peserta ujian masuk pesantren al kahfi cigombong bogor.
   Untuk waktu test masuk pesantren ini sekitar bulan Maret, untuk tempat test nya langsung di lokasi pondok pesantren al kahfi di cigombong bogor. Untuk test nya selama satu hari saja, mulai dari pagi dan selesai hingga sore. Untuk materi yang di test kan terdiri dari test akademik yaitu matematika dan bahasa indonesia, serta test baca al quran. Bagi anda yang berada di luar bogor seperti jakarta atau bekasi sebaiknya datang pagi-pagi, karena jalan ke arah cigombong sukabumi cukup macet.
   Setelah tahapan test selesai maka tinggal menunggu pengumuman, untuk pengumuman biasanya sekitar bulan April, untuk setiap siswa akan dikirim email apakah lulus atau tidak. Pengumuman juga dapat dilihat pada website pendaftaran pesantren al kahfi. Jika diterima maka untuk biaya masuknya sekitar Rp17juta harus dibayarkan maksimal satu minggu setelah pengumuman, dan untuk SPP sekitar Rp1,3juta perbulan. Selanjutnya adalah menunggu masa orientasi santri baru sekitar bulan Juni, lanjut dengan masuk kegiatan pesantren dan tinggal di asrama.
   Pondok pesantren al kahfi termasuk salah satu boarding school terbaik di Jabodetabek, untuk satri putri hanya menerima 103 kursi, dengan jumlah pendaftar sekitar 700 orang. Sementara itu untuk santri putra juga hanya menerima 103 kursi, dengan jumlah pendaftar sekitar 900 orang. Dengan melihat jumlah pendaftar maka tingkat persaingan untuk masuk pesantren ini cukup ketat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar