Sabtu, 05 Agustus 2017

WISATA AIR TERJUN JEMBATAN TAYAN ENSILING


   Untuk wilayah Kalimantan memang sangat minim dengan wisata air terjun, namun wisata air terjun jembatan tayan ensiling ini barangkali bisa dicoba. Jembatan tayan memang jembatan yang relatif baru namun bentuknya yang sangat unik sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Dari kota pontianak lokasi ini bisa ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam, dengan jalan mulus dan agak berkelok. Setelah di lokasi jembatan tayan, biasanya banyak pengunjung yang berfoto atau berselfi untuk mengabadikan kedatangan mereka.
   Setelah puas berfoto di Jembatan Tayan mereka biasanya akan mengunjungi Air Terjun Ensiling yang bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 30menit dari lokasi Jembatan Tayan. Ketika sudah sampai di lokasi air terjun kendaraan akan diarahkan ke tempat parkiran, namun sayangnya areal perparkiran ini tidak terlalu luas dan dikelola oleh beberapa kelompok, sehingga terdapat beberapa areal perparkiran. Areal perparkiran terkesan agak becek atau berair dan belum di kelola dengan baik.
   Untuk menuju Air Terjun Ensiling ini harus ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi perparkiran, dengan jalan yang agak menanjak dan menurun. Kurang lebih 15menit dengan berjalan kaki hingga sampai di air terjun tersebut. Jika dilihat sekilas, air terjun ini tidak terlalu besar sebenarnya dengan banyak bebatuan dan terkesan kurang bersih karena banyak sampah sana sini. Di lokasi air terjun banyak warung yang berjualan minuman dan makanan kecil, sehingga cukup nyaman jika haus dan lapar. Di lokasi air terjun banyak orang, baik dewasa dan anak-anak yang mandi terutama di bebatuan air terjun.
   Untuk sekelas wilayah Kalimantan air terjun ini sudah dianggap indah dengan air yang cukup jernih, kita tahu bahwa kualitas air kalimantan secara umum adalah air gambut yang agak kecoklatan. Sehingga dengan adanya wisata air terjun ini bisa dimanfaatkan pengunjung  untuk mandi dengan air yang cukup bersih. Untuk pengelolaan wisata air terjun ini sepertinya masih dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat sekitarnya, belum ada campur tangan pemerintah daerah setempat.
   Ini merupakan peluang pengembangan wisata daerah yang mana banyak lokasi wisata yang belum dikelola secara lebih baik. Keberadaan potensi wisata daerah memberi peluang untuk menggeliatkan perekenomian di sekitar kawasan wisata. Masyarakat sekitar akan mendapatkan dampak positif ekonomi dari pengembangan sebuah kawasan wisata. Salah satu cara untuk mengembangkan wisata daerah adalah dengan menambah fasilitas seperti taman bermain untuk anak-anak.
   Jika dikelola dan dikemas dengan baik maka wisata air terjun jembatan tayan ini memiliki daya tarik wisatawan yang cukup kuat. Dampaknya sangat baik bagi penghasilan dan perekonomian masyarakat sekitarnya. Jika dimungkinkan bisa dibangun penginapan di sekitar lokasi wisata tersebut. Namun pengelolaannya harus dilakukan secara profesional sehingga menjadi kawasan wisata yang terus berkembang dan diminati oleh masyarakat.
    Lebih baik lagi jika didukung dengan kuliner setempat yang dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Suatu kawasan wisata dapat berkembang jika cara mengemasnya dilakukan dengan baik termasuk bagaimana mengemas wisata air terjun Ensiling yang mulai dilirik oleh wisatawan lokal. Pemda bisa bekerjasama dengan swasta untuk mengembangkan wisata tersebut sehingga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan yang memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar