Selasa, 18 Juni 2013

MENGAPA NGAK BISA NGOMONG BAHASA INGGRIS

Berikut ini seputar fakta mengapa kita dari SD, SMP, SMU, sampai kuliah dapat pelajaran bahasa inggris tapi ngak bisa ngomong bahasa inggris :
1. Ternyata ngak bisa ngomong bahasa inggris hampir melanda semua dari kita. Padahal sejak SD sampai dengan perguruan tinggi kita belajar bahasa inggris tapi ngak bisa ngomong bahasa inggris. Bahkan sudah belasan tahun belajar bahasa inggris tapi dengar bule ngomong bahasa inggris kita ngak ngerti apa yang sedang diperbincangkan. Apa sih yang membuat kita ngak bisa ngomong bahasa inggris atau ngak ngerti dengan obrolan bule yang sedang ngobrol.
2. Jika kita lihat anak balita yang lahir di inggris mengapa sudah lancar ngomong bahasa inggris, padahal anak balita itu ngak pernah belajar bahasa inggris. Ternyata bahasa bukan sekedar ilmu pengetahuan tetapi adalah sesuatu yang dipraktekan. Belajar bahasa inggris bukanlah apa yang kita ketahui tetapi apa yang kita bisa, jadi dalam belajar bahasa inggris adalah bagaimana kita bisa bukan bagaimana kita tahu tentang bahasa inggris. Bahasa inggris adalah skill bukan hanya sekedar pengetahuan, skill bahasa inggris tidak dapat dibeli tetapi hanya diperoleh dari latihan dan praktek.
3. Jika sebagian besar kita ngak bisa ngomong bahasa inggris lantas apa yang salah dengan kurikulum sekolah khususnya pelajaran bahasa inggris. Jika diambil benang merahnya, kurikulum sekolah khususnya pelajaran bahasa inggris perlu diubah menjadi 20% teori bahasa inggris dan 80% praktek bahasa inggris. Praktek bahasa inggris di sini mungkin bisa bermacam-macam mulai dari belajar percakapan langsung dengan native speaker maupun dengan alat bantu audio video tentang percakapan bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar