Rabu, 22 Januari 2014

APA ITU KECERDASAN FINANSIAL MENURUT ROBERT KIYOSAKI

Kecerdasan finansial, rasa-rasanya memang pernah kita dengar namun juga istilah yang belum lama populer mungkin sekitar awal tahun 2000 an. Namun sebenarnya kecerdasan finansial merupakan istilah yang sering disebut oleh Robert Kiyosaki untuk menggambarkan bagaimana cara pandang seseorang terhadap uang. Kecerdasan finansial punya pandangan bahwa "kita bekerja bukan untuk uang, tapi uanglah yang bekerja untuk kita". Kecerdasan finansial selalu menyarankan agar seseorang jangan jadi karyawan, tapi jadilah pemilik bisnis (bussines owner) atau investor.
Pada kuadran bussines owner dan investor orang akan punya kesempatan untuk mendapatkan pasif income. Apa itu pasif income ? Pasif income adalah uang yang diperoleh dari aset yang produktif meskipun kita tidak melakukan apa-apa, contoh nya income yang berasal dari sewa ruko, kost-kostan. Orang yang punya kecerdasan finansial yang baik akan selalu berfikir tentang pasif income serta bagaimana membeli aset produktif yang bisa menghasilkan pasif income. Orang yang punya kecerdasan finansial yang baik begitu menerima uang akan berfikir bagaimana uang yang ia terima bisa lebih banyak lagi.

Kecerdasan finansial adalah suatu pola pikir bagaimana seseorang akan menghabiskan lebih sedikit dari yang ia terima. Kemudian sisanya ia investasikan sehingga menghasilkan bunga-berbunga. Kemudian hasil investasinya ia investasikan kembali sehingga menghasilkan pasif income yang dapat membiayai hidupnya meskipun tanpa harus bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar