Minggu, 26 Januari 2014

CARA MEMPERSIAPKAN PENSIUN DINI BAGI KARYAWAN

Banyak karyawan atau pegawai pemerintah yang merasa stress mendekati masa pensiun. Mengapa demikian ? Salah satunya karena pendapatan jauh berkurang dan kadang terjadinya post power syndrom. Namun sebagian karyawan yang berfikiran maju malah berfikir bagaimana supaya bisa pensiun dini. Tidak salah memang, jika bekal kita sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari mengapa harus menunggu sampai usia masa pensiun.
Hidup memang pilihan, bagi mereka yang mendambakan pensiun dini tidak salah juga. Menjadi karyawan atau pegawai dituntut untuk pengorbanan waktu, tenaga, dan fikiran kita, dan itu merupakan konsekwensi gaji yang kita terima setiap bulan. Lantas bagaimana cara mempersiapkan pensiun dini supaya kita tidak repot menjalani hidup. Persiapan pensiun dini intinya adalah bagaimana kita punya pasif income untuk memenuhi kebutuhan hidup kita.

Pasif income bisa diperoleh dari banyak cara, misalkan anda punya kost-kostan 20 kamar dan setiap kamar anda sewakan Rp 700ribu per bulan. Maka penghasilan bulanan anda menjadi Rp 14juta per bulan itu adalah penghasilan anda tanpa perlu bekerja atau istilah kerennya pasif income. Jika gaji anda saat ini 12 juta per bulan maka anda sudah memiliki pasif income yang dapat memenuhi kebutuhan hidup anda. 
Cara mempersiapkan pensiun dini lainnya, anda memiliki hobi yang sangat menyenangkan namun anda juga menghasilkan. Suatu contoh jika anda hobi memancing maka anda bisa mendirikan kios khusus yang menjual alat-alat pancing. Hobi yang baik adalah hobi yang menyenangkan juga menghasilkan, jika hobi anda hanya menyenangkan saja namun tidak menghasilkan maka anda seperti menghambur-hamburkan uang saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar